Jenis Sayuran Terlarang Bagi Penderita Asam Urat

Saat asam urat kambuh, sendi-sendi akan terasa nyeri dan sakit. Keadaan ini biasanya terjadi setelah Kamu mengonsumi makanan yang tinggi purin, yang umumnya datang dari daging atau jeroan. Tetapi, beberapa sayuran juga perlu dijauhi apabila Kamu menderita asam urat

 

Purin, senyawa kimia tertentu yang diketemukan di beberapa makanan, akan dipecah jadi asam urat. Mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat tingkatkan kandungan asam urat pada badan. 

 

Purin dapat dengan alami diketemukan dalam beragam makanan. Ketika badan Kamu mengolah purin dapat hasilkan asam urat jadi product limbah. Bila asam urat menumpuk pada badan, dapat mengakibatkan sakit kritis, pembengkakan dan nyeri di sendi. 

 

Apa yang terjadi saat Kamu konsumsi purin? Asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, mengakibatkan inflamasi atau peradangan, dan pembengkakan yang disebut sinyal tanda dan tanda classic asam urat. Arti medis untuk terlalu banyak asam urat di aliran darah yaitu hyperuricemia. 

 

Kandungan purin teratas terdapat dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah dan alkohol. Namun beberapa sayuran juga memiliki kandungan purin, walau tidak setinggi kandungan pada jeroan. 

 

Berikut yang perlu dihindari jenis sayuran untuk penderita asam urat

 

1. Bayam dan asparagus 

 

Bayam yaitu sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya untuk pasien asam urat, bayam adalah salah satu sayuran yang perlu dijauhi karena memiliki kandungan purin. Menurut tabel makanan AcuMedico, terdapat 57 g purin untuk setiap 100 g bayam. 

 

Bayam dan asparagus memang memiliki kandungan purin, namun tidak mengakibatkan rusaknya sejumlah purin dari product daging karena purin pada sayuran dapat di keluarkan dari badan lebih mudah daripada product hewani. Tetapi, bila Kamu menanggung derita asam urat, baiknya jauhi bayam dan asparagus. 

 

2. Kembang kol 

 

Dalam daftar sayuran yang memiliki kandungan purin dalam jumlah tinggi, kembang kol termasuk juga satu diantaranya. Menurut AcuMedico, purin untuk kembang kol yaitu 51 g per 100 g kembang kol. 

 

3. Kacang-kacangan 

 

Kacang-kacangan juga masuk daftar product nabati yang tinggi purin dan harus dijauhi pasien asam urat. Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin teratas, yaitu 5-100 mg purin per 3, 5 ons. 

 

4. Jamur 

 

Jamur juga memiliki kandungan cukup tinggi purin dalam setiap jumlah. Hal semacam ini membuatnya jadi pengganti daging yang jelek untuk mereka yang coba ikuti diet asam urat.