Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat (gout) adalah peradangan pada sendi yang dikarenakan penimbunan zat asam urat. Normalnya, asam urat larut dalam darah lalu di keluarkan badan melalui urine. 

 

Namun, apabila kandungan asam urat terlalu tinggi, badan hanya dapat keluarkan zat ini dalam jumlah sedikit. Mengakibatkan, asam urat akan menumpuk dan membuat kristal asam urat pada persendian sampai mengakibatkan rasa nyeri, peradangan, dan bengkak. 

 

Salah satu penyebab asam urat yaitu makanan atau minuman yang tinggi kandungan purin. Didalam badan, purin diolah jadi asam urat. 

 

Itu penyebabnya, apabila seorang konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan kandungan purin tinggi, maka kandungan asam urat dalam darah pasti juga akan tinggi. 

 

 

Nah, tersebut disini pilihan makanan penderita asam urat yang mengandung purin tinggi yang pastinya harus dihindari. 

 

1. Bir 

Di banding minuman mengandung alkohol yang lain, bir memiliki kandungan purin tertinggi. Untuk pasien asam urat, type minuman ini harus betul-betul dijauhi. 

 

2. Scallop 

Scallop atau daging kerang juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Sesekali mengkonsumsinya dalam acara tertentu tidak apa-apa, asal dalam jumlah sedikit. 

 

3. Ikan Haring 

Ikan Haring atau herring adalah type ikan yg tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena memiliki kandungan purin yang lebih tinggi di banding hasil laut seperti scallop dan lobster. 

 

4. Daging merah dan jeroan 

Daging merah adalah pilihan makanan yang baiknya dikurangi karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Tidak apa-apa mengkonsumsinya sesekali, tetapi batasi dan tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah besar. Demikian halnya jeroan seperti lidah, ginjal, hati, dan jantung. 

 

5. Minuman manis 

Minuman ringan dan minuman yang tinggi kandungan gula biasanya memiliki kandungan kandungan gula fruktosa. Konsumsi minuman begini dapat menyebabkan bertambahnya berat tubuh hingga merangsang tubuh untuk menghasilkan asam urat lebih banyak. 

 

6. Asparagus dan Jamur 

Asparagus dan jamur adalah sayuran dengan kandungan purin yang lebih tinggi di banding sayuran yang lain. Semakin lebih baik apabila Kamu yang menanggung derita asam urat kurangi mengkonsumsi sayuran itu. Tetapi, bukanlah bermakna Kamu tidak bisa mengkonsumsinya sekalipun.