10 Tips Kreatif Membuat Wadah Tanaman

Banyak beberapa barang di sekitar kita yang dapat didaur lagi jadi wadah unik untuk berisi tanaman kecil untuk kamar tidur, kantor, atau hiasan meja di ruang makan. Berikut 10 ide kreatif barang bekas untuk isi tempat tinggal dengan tanaman fresh, dengan harga yang sangat terjangkau. 

 

1. Cangkir teh 

Miliki cangkir teh yang telah retak atau rusak? Janganlah buang dahulu! Dengan penambahan beberapa tanaman dan media tanah, dengan mudah kita dapat merubahnya jadi bagian dari dekorasi tempat tinggal. 

 

2. Disket Flopi 

Beri surprise warna dan sentuhan nostalgia di meja atau jendela dapur dengan wadah tanaman yang menarik ini, nuansanya membawa kita kembali pada th. 90-an. 

 

3. Loyang muffin 

Loyang muffin sering jarang digunakan, hingga teronggok berkarat di pojok lemari dapur, jadi mengapa tidak digunakan? 

 

4. Karton susu 

Simpel, sekaligus jenius! Cukup bungkus kotak susu bekas dengan kain yang kaku seperti linen dan jadilah sebuah hiasan meja yang menarik. 

 

5. Bohlam lampu 

Bahkan juga bohlam lampu yang telah terbakar pun layak dapat peluang kedua. Gunakan bentuk indah yang unik dari bohlam kaca dengan memberinya kehidupan baru jadi vas bunga atau terarium (wadah tanaman tembus pandang) mini yang mudah dirawat. 

 

6. Cangkang telur 

Cangkang telur yaitu pilihan prima untuk menanam benih muda yang masih tetap rapuh didalam tempat tinggal, dan demikian benih-benih itu siap tanam, mereka dapat segera ditanam di media tanah-cangkang telur pun dengan mudah hancur menyatu dengan tanah seiring waktu dan berikan nutrisi ekstra untuk menyuburkan tanah! Inspirasi ini dapat jadi hadiah unik yang cantik dan proyek mengasyikkan buat anak-anak. 

 

7. Wadah sepatu 

Kebun-vertikal yaitu jalan keluar cerdas untuk menghemat ruang dan menghindar hama yang sering mengakibatkan kerusakan kebun. Namun siapa yang miliki inspirasi hilang ingatan untuk memakai wadah penyimpan sepatu? 

 

8. Ban karet 

Bila kita merencanakan untuk menanam tanaman type semak atau pohon kecil, wadah tanaman dari ban bekas cukup mudah di buat dan nyaris tidak perlu biaya. Ban bekas susah didaur lagi dan dihilangkan, jadi dari pada dibuang dan tidak bermanfaat, inspirasi ini dapat jadi alternatifnya. 

 

9. Botol plastik 

Tidak miliki inspirasi untuk memakai botol-botol plastik bekas soda? Cobalah daur lagi jadi wadah tanaman gantung dan rumah-hijau mini. 

 

10. Stoples selai 

Buat apa beli bumbu dapur dari toko bila kita dapat menanamnya sendiri? Dari pada menaruh stoples bekas selai diisi bumbu kering, coba menanam tanaman herba fresh untuk persediaan yang seakan tidak akan ada habisnya.