10 Tips Mengembangkan Kreativitas dan Pola Pikir Dewasa

1. Ubahlah cara berpikir Kamu dari negatif ke positif 

Makin positif cara memikirkan Kamu, buat Kamu makin yakin diri dan optimis dalam hadapi persoalan. Setelah itu Kamu akan makin kreatif dalam mencari jalan keluar semua persoalan Kamu. Teraturlah Kamu menyampaikan “Ya ini adalah peluang untuk jadi lebih baik” dalam hadapi sebuah halangan. 

 

2. Tulislah dengan detil tentang kondisi kesulitan yang Kamu hadapi 

Tulislah segalanya yang terkait dengan tantangan Kamu, Apa sebagai penyebabnya Kamu tertekan? Apa yang Kamu cemaskan.khawatirkan? Mengapa Kamu tidak bahagia? Ini bukanlah bermakna memikirkan negatif, namun dengan menulisnya Kamu setelah itu akan memikirkan untuk mencari jalan keluar dari persoalan itu. 

 

3. Selalu bertanya 

Janganlah terlalu cepat senang dengan jawaban singkat dari persoalan Kamu. Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah persoalan atau pertanyaan dari pojok pandang yang berlainan. Misalnya bisnis Kamu tengah alami penurunan, mengapa alami penurunan? kenapa penjualannya alami penurunan? apa karena makin banyak pesaing? atau karena product Kamu makin alami penurunan mutunya? Dengan makin beberapa pertanyaan yang bisa Kamu buat, maka Kamu akan terpacu untuk makin berpikir dewasa dan bersikap dewasa mencari pemecahannya. 

 

4. Definisikan Batasan, Buat Alternatif Solusi 

Kamu harus dapat mengidentifikasi apa sajakah sebagai batasan Kamu untuk merampungkan persoalan Kamu. Lalu Kamu harus mencari alternatif-alternatif jalan keluar sesuai sama batasan yang Kamu punyai. 

 

5. Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang Kamu buat 

Pilihkan ketentuan yang paling baik setelah Kamu membandingkannya dengan alternatif yang lain. 

 

6. Buat Rencana apabila ketentuan terbaik Kamu tidak berjalan sesuai harapan Kamu. 

Kamu harus mempersiapkan gagasan apabila hasil pelajari ketentuan paling baik Kamu tidak cocok dengan maksud awal Kamu. 

 

7. Tentukan satuan pengukuran dalam keputusan Anda 

Kamu harus mengambil keputusan ukuran untuk tahu perubahan pencapaian maksud Kamu. Bagaimana caranya Kamu dapat tahu kalau Kamu telah berhasil? 

 

8. Terima semua tanggung jawab dari keputusan yang sudah di buat. 

Kamu harus berani hadapi semua kemungkinan dan hasil dari ketentuan yang sudah Kamu buat. 

 

9. Tentukan deadline 

Kamu harus memastikan deadline dari semua maksud Kamu. Umpamanya Kamu ingin th. depan memiliki pendapatan per th. sebesar 120 juta/th.. Setelah itu Kamu harus mem break-down apa sajakah yang Kamu kerjakan setiap bln., setiap hari, setiap jam, bahkan juga setiap menit untuk meraih maksud Kamu. 

 

10. Kamu harus Take Action (Bertindak) 

Bertindaklah, sibukkanlah diri Kamu, dan selalu bergerak. Tetapkan Prioritas Maksud Kamu. Makin cepat Kamu dan makin terang maksud Kamu, makin kreatif diri Kamu dalam meraih maksud Kamu. Kamu akan makin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Makin banyak belajar maka makin cepat Kamu dapat meningkatkan kemampuan diri Kamu dan meraih suatu hal yang lebih baik untuk hari esok Kamu.