10 Panduan Cara Meningkatkan Pikiran Positif

Fikiran positif tidak hanya memiliki efek baik untuk mood dan kondisi psikologis seorang, namun juga untuk kesehatan. Tetapi selalu berpikiran positif pasti tidak dapat dilakukan kebanyakan orang. Terkadang ada saja alasan untuk merasa pesimis, kuatir, cemas. 

 

Berikut beberapa tips selalu untuk bisa berpikiran positif setiap hari. 

 

1. Bersyukur 

Janganlah fokus pada apa yg tidak Kamu punyai. Coba untuk mengingat beberapa hal baik sebagai punya Kamu, ingatlah segalanya baik yang pernah terjadi pada Kamu. Bersukur atas hidup dan menghormati apa yang Kamu punyai yaitu ketentuan pertama selalu untuk berpikir dewasa dan bersikap dewasa.

 

2. Pilih teman-teman yang suportif 

Terkadang, fikiran negatif dapat juga menular. Karenanya, janganlah letakkan diri Kamu di dalam beberapa pengeluh. Lebih baik, pilih rekan-rekan yang selalu memberi support, semangat, dan memikirkan positif sehari-hari. Cepat atau lambat, Kamu akan rasakan energi mereka memengaruhi semangat Kamu. 

 

3. Menghilangkan drama 

Miliki rekan yang 'beracun' atau selalu buat hidup Kamu penuh drama? Tinggalkan mereka selekasnya. Berada selalu berbarengan mereka dapat buat fikiran negatif melekat terus-menerus pada Kamu. 

 

4. Ambil tanggung jawab 

Ingat, Kamu memang tidak dapat mengatur apa yang akan terjadi. Tetapi Kamu selalu dapat mengatur fikiran, perasaan, dan aksi Kamu sendiri. Jadi, ketika ada hal jelek yang terjadi, katakan pada diri Kamu : "Saya bertanggungjawab pada perasaan dan fikiranku, dan saya mengambil keputusan untuk merasa bahagia dan tegar." 

 

5. Ubah 'tidak bisa' jadi 'bisa' 

Ini mungkin memerlukan latihan, tetapi terang dapat sukses bila Kamu telaten mengaplikasikannya. Coba untuk merubah susunan kalimat Kamu, yang negatif jadi positif. Umpamanya : " Mengapa pekerjaanku berantakan? " jadi " Hasil kerjaku kesempatan ini memang tidak memuaskan. Namun setelah itu saya tentu dapat lebih baik. " Bila selalu diaplikasikan, hal semacam ini dapat merubah persepsi Kamu. 

 

6. Berbuat baik 

Berbuat baik pada orang lain dapat membawa efek besar untuk Kamu. Ingat ketika menolong orang lain memberi rasa bahagia dan senang? Perasaan itu dapat buat Kamu merasa lebih positif. 

 

7. Lihat sisi baiknya 

Setiap kondisi selalu memiliki dua segi bila Kamu dapat menemukannya. Karenanya, coba mencari segi positif pada setiap kondisi. Lebih konsentrasi pada sisi positif suatu hal akan memberi kemampuan besar pada diri Kamu untuk merubah kondisi. 

 

8. Istirahat 

Setiap orang perlu istirahat dan menentramkan diri sesekali. Istirahat mungkin bermakna memelankan langkah ketika jalan, merenung sesaat mengenai apa yang telah Kamu kerjakan, dan beri kesegaran fikiran dari rasa cemas dan kuatir. 

 

9. Tentukan tujuan 

Jadi kapten untuk diri dan hasrat Kamu sendiri yaitu suatu kewajiban. Janganlah ingin terombang-ambing oleh pendapat orang lain tentang diri Kamu. Putuskan apa yang ingin Kamu kerjakan. Tentukan standard punya Kamu sendiri. Ikuti jalan yang Kamu putuskan sendiri akan memberi rasa yakin diri yang tinggi. 

 

10. Tertawa 

Apa pun yang terjadi, janganlah lupa untuk meluangkan diri tertawa. Tertawalah pada humor, film lucu, pada lelucon yang di buat saudara atau anak Kamu. Tertawalah pada diri Kamu sendiri. Tawa dapat meredakan stres dan mengingatkan diri Kamu untuk tidaklah terlalu serius ketika ada problem. 

 

Mengaplikasikan 10 cara diatas dengan telaten akan jadikan Kamu orang yang selalu berpikiran positif, bahagia, dan penuh sukur.