Tanda-Tanda Dewasa Pada Seseorang Menurut Islam

Menurut ajaran agama islam seseorang harus mulai menjalankan ajaran agama secara penuh ketika sudah masuk kedewasaan atau yang disebut dengan istilah baligh. Beribadah wajib sudah mulai harus digerakkan secara baik dan benar seperti sholat, puasa ramadhan, zakat, dan lain sebagainya. Segala konsekwensi dari perbuatan yang dikerjakannya jadi tanggungjawab sendiri di akhirat nantinya. 

 

Seseorang manusia yang sudah mencapai umur dewasa atau baligh bermakna telah diijinkan untuk menikah selama penuhi kriteria lain yang sudah diputuskan dengan cara agama ataupun dengan cara hukum negara. Diluar itu anak yang telah masuk ke usia baligh telah bisa melakukan jual beli (perniagaan), sholat di barisan beberapa orang dewasa, dan lain sebagainya. 

 

A. Ciri-Ciri/Tanda Dewasa (Baligh) Pada Laki-Laki (Pria) : 

 

1. Alami haid atau menstruasi ketika umur diatas 9 (sembilan) tahun 

2. Keluar air mani dari kemaluan ketika umur diatas 9 (sembilan) tahun 

3. Buah dada atau payudara telah tumbuh dan terlihat terang ketika umur diatas 9 (sembilan) tahun 

4. Tumbuh rambut pada kemaluan ketika umur diatas 9 (sembilan) tahun 

5. Bila salah satu sinyal diatas belum bebrapa nampak maka pada umur 15 th., maka anak lelaki itu dengan cara automatis jadi balig 

 

Jika ada seseorang anak lakilaki atau cowok telah memiliki satu dari lima ciri sinyal kedewasaan diatas, maka anak itu telah masuk dalam umur baligh (dewasa). 

 

B. Ciri-Ciri/Tanda Dewasa (Baligh) Pada Perempuan (Wanita) : 

 

1. Alami mimpi basah (keluarkan air mani dari kemaluan saat tidur) ketika umur diatas 9 (sembilan) tahun 

2. Tumbuh rambut pada kemaluan saat umur diatas 9 (sembilan) tahun 

3. Bila salah satu sinyal diatas belum bebrapa nampak maka pada umur 15 th., maka anak perempuan dengan cara automatis jadi balig 

 

Jika ada seseorang anak perempuan (cewek) telah memiliki satu dari tiga ciri-ciri wanita dewasa diatas, maka anak itu telah masuk dalam umur baligh (dewasa).