Alat Keselamatan Kerja Las

Macam-macam alat keselamatan kerja las diantaranya : 

 

1. Pakaian kerja/wearpack 

 

Pakaian kerja khusus/wearpack, akan memberi perasaan nyaman pada juru las karena tidak akan khawatir pakaian pribadinya akan rusak terkena percikan api dan jadi kotor. Wearpack biasanya bermodel terusan lengan panjang dan celana panjang hingga badan/kulit juru las betul-betul terproteksi. Tetapi ada pula wearpack atasan dan bawahan yang terpisah, biasanya jenis ini mempermudah pengguna untuk penggunaan dan pelepasan. 

 

2. Helm las/topeng las 

 

Helm las/topeng las yaitu alat harus dalam sistem pengelasan, dipakai membuat perlindungan muka dari percikap api las dan cahaya negatif yang diakibatkan seperti cahaya ultraviolet dan infra red juga radiasi panas yang dapat menyebabkan rusaknya untuk kulit dan daging. Juga dari asap dan debu las yang beresiko untuk pernafasan (paru – paru) dan debu las yang memiliki kandungan bahan beresiko dapat sangat beresiko untuk ginjal. 

 

3. Kaca mata las 

 

Selain helm las/topeng las, biasanya juru las akan memakai kaca mata las/kaca mata hitam untuk memberi perlindungan ganda pada mata, di karenakan cahaya/cahaya las yang sangat menyakitkan mata. 

 

4. Apron/pelindung dada 

 

Apron biasanya terbuat berbahan yang tebal, biasanya kulit atau levis, apron ini memberi perlindungan terluar untuk mencegah percikan api dan debu las pada badan. 

 

5. Sarung tangan 

 

Sarung tangan las juga yaitu peralatan utama dalam sistem pengelasan, yang membuat perlindungan tangan dari panas dan percikan las. 

 

6. Sepatu safety 

 

Sepatu safety yaitu peralatan keselamatan dasar yang harus di pakai oleh siapa saja yang bekerja dalam lingkungan yang punya potensi menyebabkan kecelakaan kerja. Dan lingkungan kerja bengkel, dalam hal semacam ini bengkel las/perusahaan pengelasan, yaitu salah satu yang harus memakainya. Sepatu safety online, membuat perlindungan kaki dari panas dan percikap api las, besi penahan membuat perlindungan kaki dari bentrokan benda berat dan tajam. 

 

Sekianlah alat keselamatan kerja dasar/harus untuk lingkungan kerja welding/las.

Write a comment

Comments: 0