Pentingnya Pahami Apakah itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Image result for Penyebab Kecelakaan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah kondisi di mana seseorang merasa aman dan sehat dalam melakukan tugasnya. Apa sajakah yang terkait dengan K3? 

 

Yaitu Alat Proteksi Diri (APD) yang ada seperti berikut : 

  • Safety belt saat berada di ketinggian.
  • Pemakaian masker saat berada ditempat berdebu.
  • Pemakaian kacamata.
  • Pemakaian sepatu safety.
  • Pemakaian wearpack.
  • Dll. 

Lalu seberapa pentingnya kita harus tahu hal semacam ini? Ya. Penting karena, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yaitu kebutuhan entrepreneur, pekerja dan pemerintah di semua dunia. 

Karena beberapa hal seperti kemampuan kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja sangat berpengaruh pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). 

 

Diluar itu didunia kerja tentu menuntut ada tenaga kerja yang kompeten pada pada setiap bagian. Terlebih Industri seperti Migas adalah industri yang berisiko tinggi. Dan pemerintah tengah mengoptimalkan pengawasan dengan cara ketat pada pelaksanaa dan aplikasi standard keselamatan pada aktivitas operasi Migas dari mulai bidang hilir sampai bidang hulu. Dan menurut perkiraan ILO, setiap th. di semua dunia terdapat 2 juta orang wafat karena beberapa masalah akibat kerja. 

 

Banyak kecelakaan dalam industri ini karena kelalaian dan ketidakpeduliaan pada kriteria keselamatan (K3) yang berbuntut fatal dan serius. Hingga hal yang terkait dengan Operator K3 Migas dan Pengawas K3 Migas diperlukan kursus yang mensupport. 

 

Berikut ini adalah pasal Perlindungan hukum yang mengulas K3. 

  1. Undang-undang No. 13 Th. 2003 Paragraf 5 Pasal 87 Butir (1) mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  2. Undang-undang Nomer 1 Th. 1970 mengenai Keselamatan Kerja.
  3. Undang-undang Nomer 23 Th. 1992 Bagian Ke enam mengenai Kesehatan Kerja.
  4. PP nomer 50 th. 2012 mengenai System Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

Maka diinginkan beberapa entrepreneur dapat mengaplikasikan system manajemen K3, meningkatkan system perlindungan kerja dan menganalisanya, dan dapat mengerti ketentuan perundangan K3 Migas yang berlaku.

Write a comment

Comments: 7