Tips Membangun Budaya SAFETY di Area Kerja

Bangun Budaya SAFETY di ruang kerja yaitu sistem yang terkait, hal sejenis ini memerlukan dukungan dari semuanya lini. Sikap positif dalam tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) akan memiliki resiko baik dalam kurangi tingkat kecelakaan di ruang kerja. Itu beberapa tips dari OSHA untuk bangun budaya Safety di ruang kerja yang ditulis dari Industrial Safety & Hygiene News (ISHN). 

 

1. Definisikan Peran dan Tanggung Jawab (Rule and Responsible) 

 

Bicarakan dengan semua departemen atau section terkait peran dan tanggung jawab semua bagian pada keselamatan kerja. Semua level jabatan harus memiliki peran dan tanggung jawab semasing yang terdaftar. Jadikan pencapaian Keselamatan Kerja sebagai KPI (key Performance Indicator) semasing pekerja, sampai semua karyawan memiliki keperluan pada tercapainya performance safety. Budakan memakai Apd tanpa ada diminta atau di tegur oleh atasan, minimum memakai seragam, sepatu safety dan helm. Karena ini semua untuk keselamatan kamu. 

 

2. Komunikasikan Visi dan Misi Perusahaan 

 

Visi dan Misi perusahaan harus dikomunikasikan ke semua karyawan, tidak terkecuali sampai ke karyawan sebagai mitra kerja (sub Contractor). Visi dan Misi perusahaan harus mencakup Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Maksud yang perlu dicapai. Visi dan Misi harus terdaftar dan ditandatangani oleh orang tertinggi di satu perusahaan, dan ditempatkan pada ruang yang mudah dibaca oleh karyawan. 

 

3. Tingkatkan Akuntabilitas Semua Pekerja 

 

Berikanlah tanggung jawab pada semua pekerja untuk menggerakkan keselamatan kerja, buat program yang dapat dipertanggung jawabkan sampai semua pekerja memiliki akuntabilitas. Tentunya program ini harus terukur pencapaiannya, seperti masing-masing karyawan harus bikin Laporan bahaya (green card/Stop Card/Hazard Report), JSA, HIRA, Inspeksi, Safety Talk, dan lain sebagainya. Pencapaian harus dihitung, sampai performance masing-masing level pekerja pada keselamatan dapat dihitung. 

 

4. Pelaporan Insiden 

 

Berikanlah pendidikan dan pelatihan ke semua pekerja tentang pentingnya pelaporan kecelakaan, sampai pekerja selalu ingin melaporkan semua insiden yang dihadapi atai diliatnya. Kecelakaan ini sampai mencakup ke hampir celaka (near miss). Selain itu berikan semua pekerja tentang pertolongan hidup basic (basic Life Support), basic Fire Fighting, sampai pekerja dapat melakukan tindakan selekasnya sambil menunggu tim khusus datang. 

 

5. Tinjau Lagi Sistem Investigasi Kecelakaan 

 

Lakukan tekuni pada sistem Kontrol Kecelakaan yang ditangani sampai benar-benar efektif dan dapat mencari akar persoalan yang menyebabkan kecelakaan berjalan. Lakukan pelatihan pada semua pengawas agar dapat kerjakan investigasi dengan benar, karena pengawas yakni garis paling depan yang tahu keadaan dan kondisi dari pekerja dan ruang kerja. Lakukan analisa pada semua laporan kontrol kecelakaan, check kejanggalan dan mungkin ketidaksesuaian pemicunya yang didapat dengan permasalahan kecelakaan yang berjalan. 

 

6. Sediakan Wadah Komunikasi 

 

Berikanlah alternatif lain untuk mendukung semua karyawan berikan input tentang menambahkan safety di perusahaan, jangan pernah membiarkan beberapa input itu tak ada respon karena akan bikin karyawan tidak akan ikhlas untuk berikan input kembali dan cenderung akan acuh pada semua program yang digerakkan perusahaan. 

 

7. Bangun Kepercayaan 

 

Dalam menggerakkan Program Keselamatan dan Kesehatan kerja di satu lingkungan perusahaan demikian memerlukan kepercayaan dari semua level pekerja, bangunlah kepercayaan lewat cara perlahan-lahan. Lakukan perubahan untuk perubahan dengan penuh pertimbangan, karena perubahan yang ditangani lewat cara mendadak akan bikin goncangan pada kondisi kerja sampai kepercayaan akan alami penurunan. Bangun kepercayaan ini bisa pula berikan motivasi atau semangat sendiri pada semua pekerja dalam melakukan program keselamatan kerja.

Write a comment

Comments: 6
  • #1

    dupczenie (Monday, 04 September 2017 14:47)

    niebanalizowany

  • #2

    zobacz szczegóły (Tuesday, 05 September 2017 11:08)

    Wojtczak

  • #3

    seks spotkania (Friday, 08 September 2017 19:13)

    nieodwzorowujący

  • #4

    tanie dziwki (Saturday, 09 September 2017 10:50)

    obierak

  • #5

    seks kochanki (Saturday, 09 September 2017 12:50)

    polewarka

  • #6

    ze strony (Saturday, 09 September 2017 16:17)

    napsuć