Tips Menerapkan Keselamatan Kerja

safety

 

Keselamatan kerja yaitu sarana utama mencegah kecelakaan, cacat, dan kematian sebagai akibat kecelakaan dalam melakukan kerja. Keselamatan kerja menyangkut seluruh sistem produksi dan distribusi baik barang ataupun jasa. Keselamatan kerja ialah tugas semua orang yang bekerja. Keselamatan kerja yaitu dari, oleh, dan untuk setiap tenaga kerja dan orang lain dan orang-orang biasanya. 

 

Kecelakaan Kerja 

 

Aksi keselamatan kerja mempunyai tujuan untuk menanggung keutuhan dan kesempurnaan, baik jasmani ataupun rokhani manusia. Hasil kerja dan budaya tertuju pada kesejahteraan orang-orang biasanya. Keselamatan kerja manusia dengan cara terinci mencakup : menghindar terjadinya kecelakaan, menghindar dan atau kurangi terjadinya penyakit akibat pekerjaan, menghindar dan atau kurangi cacat tetaplah, menghindar dan atau kurangi kematian, dan mengamankan material, konstruksi, dan pemeliharaan yang kesemuanya menuju pada penambahan skala hidup dan kesejahteraan umat manusia. 

 

Program keselamatan kerja yang baik dalam suatu industri atau sekolah adalah program yang terpadu dengan pekerjaan keseharian, hingga sulit untuk dipisahkan satu dengan yang lain. 

 

Keselamatan kerja adalah program terpadu. 

 

Dasar-dasar keselamatan kerja yang ada di Indonesia diantaranya ditata dalam Undang Undang RI No. 1 th. 1970. mengenai Keselamatan Kerja. Keselamatan kerja erat hubungan dengan penambahan produksi dan produktivitas, hal semacam ini atas dasar : 

  • Dengan tingkat keselamatan kerja yang tinggi, kecelakaan-kecelakan sebagai sebab sakit, cacat dan kematian dapat dikurangi atau ditekan sekecil kecilnya, hingga pembiayaan yang tak perlu dapat dijauhi.
  • Tingkat keselamatan yang tinggi searah dengan pemeliharaan dan pemakaian perlengkapan kerja dan mesin yang produktif dan efesien dan berhubungan dengan tingkat produksi dan produktivitas yang tinggi. 

Keselamatan Kerja Berhubungan dengan Produktivitas 

 

Tugas-tugas keselamatan kerja dan kriteria kerja bukanlah hal yang terpisah. Dalam menggerakkan pekerjaan itu memerlukan koordinasi dengan petugas petugas lain. 

 

Pekerjaan Keselamatan Kerja Adalah Pekerjaan Bersama 

 

Kerja sama dari kebanyakan orang yang ikut serta dalam bekerja sangat diperlukan dalam menghindar keadaan yg tidak aman, yaitu terjadinya kecelakaan kerja. Keadaan kerja yang aman bukan sekedar memiliki alat yang bagus dan mesin yang baru, tetapi hubungan kerja dari setiap individu tempat kerja adalah hal yang sangat penting. 

 

Pekerjaan Keselamatan Kerja perlu untuk didiskusikan Bersama 

 

Praktek keselamatan kerja atau aplikasi keselamatan kerja tidak bisa dipisahkan dari ketrampilan kerja. Keduanya harus jalan dan adalah unsur esensial untuk keberlangsungan pekerjaan. Keselamatan kerja yang dikerjakan dengan baik akan membawa iklim keamanan dan ketenangan kerja, hingga sistem produksi dapat jalan dengan lancar. Oleh karenanya, kursus dan pembinaan sangat diperlukan manfaat meraih maksud itu. 

 

Pekerjaan Keselamatan Kerja Memerlukan Pelatihan 

 

Tujuan Keselamatan kerja yaitu : 

  • Membuat perlindungan tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan tingkatkan produksi dan produktivitas nasional.
  • Menanggung keselamatan setiap orang lain yang berada ditempat kerja.
  • Untuk meraih maksud itu maka diperlukan alat pelindung diri (tubuh) seperti pakaian safety atau sepatu safety dan pelindung mesin sebagai pendukung tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya. 

Alat Pelindung Diri (tubuh) 

 

Perlindungan Mesin : 

Letak bahaya yang utama apabila memakai mesin-mesin adalah pada : 

  1. Bagian roda gigi
  2. Roda sabuk
  3. Bagian-bagian yang berputar 

Baju dan Cara Kenakan pakaian : 

 

Biasanya baju yang pantas digunakan ketika bekerja yaitu pakaian yang dalam kondisi rapi dan baik. Bagian baju yang sobek dapat menyebabkan tersangkutnya pada bagian-bagian mesin yang bergerak. Buah pakaian (kancing) harus terkancing rapi.

 

Selain baju dan cara kenakan pakaian yang benar dan baik manfaat hindari terjadinya kecelakaan kerja, tidak kalah pentingnya yaitu cara tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya, berikut ini contoh pekerja yang melakukan pekerjaannya dengan mengaplikasikan prinsip keselamatan kerja.

Write a comment

Comments: 5