Prinsip Keselamatan Kerja & Jenis Peralatan Keselamatan Kerja

Image result for Keselamatan Kerja

 

Dalam melakukan setiap usaha apa pun pastinya selain hasil berupa uang ada hal lainnya yang diinginkan oleh setiap orang, yakni keselamatan, mengingat untuk jenis usaha apa pun baik itu dalam ruang ataupun diluar ruangan akan tetaplah memiliki potensi kecelakaan, walau masih ada cara untuk memilinalisirnya, keselamatan kerja K3 ini ialah bentuk tujuan sebuah kegiatan baik itu dalam sebuah lembaga resmi atau usaha umum. 

 

Keselamatan untuk pekerja K3 ini sangat dan harus untuk kamu perhatikan, beberapa maksud diberlakukannya K3 itu yaitu untuk : 

  • Membuat perlindungan pekerja atau karyawan dalam melakukan tugasnya.
  • Menanggung kesehatan dan keselamatan dalam usaha tingkatkan produktivitas tetapi masih tetap dalam taraf atau jangkauan yang aman.
  • Menanggung kesehatan dan hidup pekerja intinya untuk mereka yang memang bekerja di laboratorium yang rawan akan kecelakaan atau bengkel.
  • Menanggung dengan memberi sumber produksi yang aman serta alat keamanan.
  • Menghindar terjadinya kebakaran
  • Pemberian pertolongan pertama bila nanti ada suatu hal yang terjadi. 

Bekerja di lingkungan proyek pastinya memerlukan perlengkapan keselamatan kerja K3 yang memadahi sebab resiko kecelakaan cukup tinggi. Memang resiko sebagai pekerja lapangan selain siap dengan perubahan cuaca tanpa perlindungan. Harus siap dengan resiko terjadinya kecelakaan kerja yang dapat berakibat fatal, maka perlu dilakukan aksi pencegahan. Pencegahan sederhana yang harus dilakukan ialah kenakan APD atau Alat Perlindungan Diri dengan lengkap. 

 

Untuk Kamu yang telah lama menekuni dalam dunia proyek, maka tentu telah akrab dengan semua type APD. Untuk Kamu yang baru pertama kalinya terjun di bagian ini, maka berikut type APD sebagai bagian dari keselamatan pekerja K3 diantaranya : 

  1. Helm pelindung (khusus untuk pekerja proyek),
  2. Kacamata pengaman,
  3. Perisai untuk muka,
  4. Sabuk keselamatan dan sabuk pengaman,
  5. Masker,
  6. Pelindung telinga (pendengaran),
  7. Sarung tangan,
  8. Sepatu berbahan karet (boot karet),
  9. Sepatu safety keselamatan. 

Setiap peralatan perlindungan itu biasanya disiapkan oleh perusahaan untuk melindungi keselamatan pekerjanya. Bila sarana perlindungan telah tinggal dipakai, maka untuk keselamatan dan kebutuhan Kamu baiknya dipakai dengan baik. Jika terjadi kecelakaan dan memakai semua peralatan keselamatan akan meminimalkan kemungkinan luka yang sangat kronis. Hingga manfaat dari setiap perlengkapan itu yaitu kembali untuk Kamu. Yaitu untuk dapat tetaplah bekerja dengan baik, sudahkah Kamu memakai perlengkapan keselamatan kerja K3 itu.

Write a comment

Comments: 8