Kenapa Memahami Kecelakaan Kerja Itu Penting?

Image result for Kecelakaan KerjaKenapa memahami kecelakaan kerja itu penting? Sudah pasti itu sangat penting, mengingat dalam bekerja faktor keselamatan menjadi hal yang utama. Pikirkan bila beberapa pekerja tidak di beri pemahaman yang ideal tentang keselamatan kerja, walau sebenarnya itu sebagai modal utama. Asumsinya bagaimana dapat bekerja dengan baik dan lancar bila sering kali alami kecelakaan kerja. Bila terjadi kecelakaan kerja bukanlah saja pekerja yang rugi, perusahaan pun bernasib sama. 

 

Prosedur Penerimaan Kerja 

 

Sebelumnya kita terima sebuah pekerjaan, pasti melakukan beragam proes dan prosedur yang perlu dilalui. Dari mulai sistem pengiriman lamaran, pemanggilan wawancara sampai sistem penerimaan dsb. 

 

Paling akhir baru setelah ada ketentuan apakah di terima atau tidaknya jadi salah satu pekerja di perusahaan. Sebelumnya mengawali bekerja, biasanya beberapa pekerja yang dipilih akan disodorkan rangkaian kontrak kerja yang perlu disetujui pada kedua belah pihak. 

 

Kontrak kerja berisi beragam hal dan keperluan dan keharusan yang perlu diemban oleh pekerja. Satu hal yang terkadang sering dilupakan hanya karena terlalu konsentrasi pada upahnya yang besar, kurang perhatian dengan keselamatan kerja. 

 

Misalnya ada sarana perlindungan kesehatan, penyediaan alat pelindung diri seperti sepatu safety dan keselamatan dari perusahaan berbentuk jaminan kesehatan dan keselamatan. Jaminan kesehatan dan keselamatan ini penting sekali karena juga menyangkut hak pekerja selain upah. 

 

Pengetahuan Kecelakaan Kerja 

 

Kenapa tahu kecelakaan kerja itu penting? Kecelakaan mungkin mengintai kita semua, tidak kecuali beberapa pekerja atau karyawan. Janganlah beranggapan resiko kecelakaan kerja itu didominasi oleh perusahaan yang beroperasi di sektor property, bahan material, dan pembangunan pra fasilitas gedung, jalan, jembatan, dsb. 

 

Karyawan yang bekerja di kantor seperti bank, kampus, ritel, perusahaan yang kerjakan pekerjaan administratif dsb pun akan tidak terlepas dari resiko kecelakaan. Pengetahuan tentang kecelakaan kerja ini perlu dipahami oleh beberapa pekerja. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar semua hak yang perlu didapat oleh beberapa pekerja dapat tercukupi. 

 

Hak pekerja atau karyawan bukanlah saja upah pokok, transport, makan dan jaminan kesehatan, namun juga jaminan keamanaan selama bekerja. Bagaimanapun juga pekerja tidak hidup sendiri, karena ada pihak lain diluar diri pekerja yang akan jadi korban apabila terjadi kecelakaan kerja. 

 

Pengetahuan kecelakaan kerja ini baiknya apabila perlu diberikan dengan cara berkala melalui seminar khusus atau training atau kursus untuk karyawan. 

 

Hal semacam ini dilakukan agar selama bekerja mereka lebih waspada apabila tidak ingin alami kecelakaan. Maksud akhir dari pemberian pemahaman kecelakaan kerja ini yaitu untuk kebaikan perusahaan keseluruhannya. Maka mintalah perusahaan untuk menyediakan alat pelindung saat bekerja seperti pakaian safety atau sepatu safety boot.

 

Sekianlah penjelasan singkat tentang kenapa tahu kecelakaan kerja itu penting. Tahu kecelakaan kerja dan resikonya sangat penting mengingat hal itu adalah hak pekerja yg tidak dapat diabaikan oleh perusahaan. Keselamatan kerja yaitu permasalahan pertama yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan. Semoga berguna.

Write a comment

Comments: 7