Mengenal Lagging and Leading

 

Related image

Biasanya, aplikasi keselamatan kerja di Indonesia diukur melalui seberapa banyak kecelakaan kerja yang terjadi dalam setahun. Beberapa professional K3 akan bertindak semaksimal mungkin agar tanda kecelakaan itu selalu dalam posisi 0. 

 

Tetapi, tanda kecelakaan itu tidak mencerminkan seberapa baik kesibukan mencegah kecelakaan kerja yang kita kerjakan, tanda itu hanya memberitahu kita seberapa beberapa orang yang luka dan seberapa kronis. 

 

Dalam pengetahuan keselamatan kerja modern, tanda keselamatan kerja seperti incident rate, lost time rate, severity rate yaitu tanda yang dimaksud dengan tanda akhir (lagging indicator). Tanda akhir saja kurang melukiskan tingkat keselamatan kerja karena tanda itu sangat besar macamnya. Artinya, sebuah perusahaan mungkin memperoleh jumlah kecelakaan kerja yang tidak sama setiap tahunnya walau jumlah keadaan dan tingkah laku tidak aman jumlahnya tetaplah konstan. Terkadang, jumlah kecelakaan kerja yang tinggi tidak bermakna tempat itu tidak aman namun malah bermakna tempat kerja itu sangat aman karena semua kecelakaan, meskipun hanya tergores kertas, dilaporkan oleh beberapa pekerjanya. 

 

Tanda akhir benar-benar sangat mudah untuk diaplikasikan dan memang jadi maksud akhir dalam aplikasi keselamatan kerja. Tetapi, maksud akhir ini malah dapat menaruh bahaya laten suatu saat kelak karena jika tak ada kecelakaan kerja di suatu tempat maka manager, supervisor, dan pekerja akan merasa tempatnya telah aman walau sebenarnya tak ada penambahan ingindalian resiko yang dilakukan. Mengakibatkan, kecelakaan kerja akan dapat nampak setiap waktu. 

 

Karenanya, beberapa pakar K3 internasional mengmbangkan tanda awal (leading indicator). Tanda awal adalah elemen dari pada penambahan budaya K3. Tanda awal fokus pada seberapa baik aksi mencegah yang kita kerjakan agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Tanda awal harus meliputi beberapa prinsip berikut : 

  1. Tunjukkan seberapa banyak penambahan yang kita kerjakan walau kecil
  2. Mengukur dengan cara positif pada apa yang pekerja kerjakan versi apa yang tidak berhasil dilakukan
  3. Sangat mungkin umpan balik dengan cara terus-terusan pada kebanyakan orang tanpa ada birokrasi
  4. Tunjukkan dengan cara baik performa yang dilakukan
  5. Tingkatkan pemecahan permasalahan keselamatan kerja dengan cara konstruktif
  6. Dengan cara terang tunjukkan bebrapa keperluan untuk jadi lebih baik
  7. Tunjukkan efek versi hasrat
  8. Gunakan alat pelindung seperti pakaian dan sepatu safety.

Contoh tanda awal yang bisa diaplikasikan dalam keselamatan kerja diantaranya yaitu : 

  1. Latihan keselamatan kerja : Biasanya dihitung dari banyak manhours kursus tetapi lebih baik lagi jika dapat mengukur jumlah orang yang bisa melakukan beberapa pekerjaan yang dilatih dengan tingkat tertentu.
  2. Audit Keselamatan kerja. Kalkulasilah berapakah % aksi perbaikan yang bisa dilakukan.
  3. Program budaya keselamatan kerja. Buat sebuah program yang bisa mengkalkulasi seberapa banyak tingkah laku aman, tingkah laku berisiko, keadaan berisiko, penambahan dalam kepempinan keselamatan kerja, dan bahaya yang diidentifikasi dan berulang.
  4. Rapat K3. Dalam rapat K3, yang diukur yaitu seberapa efisien meeting itu. Oleh karenanya, buat 3-5 persyaratan untuk melukiskan kalau sebuah rapat efisien. Tren jumlah peserta rapat dapat juga melukiskan seberapa efisien rapat.
  5. Kita tidak bisa memilih untuk mengaplikasikan tanda awal atau akhir untuk membuat lingkungan kerja yang lebih aman. Kita harus memakai keduanya untuk betul-betul melukiskan seberapa efisien program keselamatan kerja kita dan untuk meyakinkan semua pekerja dapat pulang ke tempat tinggalnya dalam keadaan tidak kurang suatu apa pun.

Write a comment

Comments: 7
  • #1

    anonse erotyczne (Monday, 04 September 2017 14:29)

    monoamid

  • #2

    anonse towarzyskie (Monday, 04 September 2017 19:07)

    niezafartowanie

  • #3

    tani seks (Tuesday, 05 September 2017 12:19)

    niepietruszkowanie

  • #4

    anose seks (Friday, 08 September 2017 19:18)

    Cygankiewicz

  • #5

    przejdź dalej (Wednesday, 13 September 2017 14:16)

    rozeschnąłby

  • #6

    sextelefon (Monday, 02 October 2017 11:17)

    niewświdrowywanie

  • #7

    sextelefon (Friday, 13 October 2017 10:24)

    powykłuwawszy